Program Pendidikan dan Pembelajaran Pondok Pesantren Modern DR. H. Abdullah Ahmad
Pendidikan dan pembelajaran Pondok Pesantren Modern DR. H. Abdullah Ahmad memadukan dua kurikulum yaitu kurikulum nasional dan kurikulum pondok dengan bilingual system (bahasa Arab dan Bahasa Inggris aktif). Melalui intensive English Practice di Madrasah dan Ta’limul Lughah Al-Arabiya di pondok ditargetkan dalam 1 (satu) tahun santri telah mampu berbahasa Arab dan Inggris aktif.1. Kurikulum Nasional
Kurikulum nasional/formal yang digunakan di Pesantren Modern DR. H. Abdullah Ahmad mengacu pada Kurikulum 2013 yang dikeluarkan oleh Kementerian agama dengan struktur kurikulum sebagai berikut:
No
|
Mata Pelajaran
|
Alokasi Wkt Bljr/Mgg
| ||
VII
|
VIII
|
IX
| ||
Kelompok A
| ||||
1
|
Pendidikan Agama Islam
| |||
|
2
|
2
|
2
| |
|
2
|
2
|
2
| |
|
2
|
2
|
2
| |
|
2
|
2
|
2
| |
2
|
Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan
|
3
|
3
|
3
|
3
|
Bahasa Indonesia
|
6
|
6
|
6
|
4
|
Bahasa Arab
|
3
|
3
|
3
|
5
|
Matematika
|
5
|
5
|
5
|
6
|
Ilmu Pengetahuan Alam
|
5
|
5
|
5
|
7
|
Ilmu Pengetahuan Sosial
|
4
|
4
|
4
|
8
|
Bahasa Inggris
|
4
|
4
|
4
|
Kelompok B
| ||||
1
|
Seni Budaya
|
3
|
3
|
3
|
2
|
Pendidikan Jasmani, Olah Raga, dan Kesehatan
|
3
|
3
|
3
|
3
|
Prakarya
|
2
|
2
|
2
|
4
|
Kitab Kuning
|
2
|
2
|
2
|
Jumlah Waktu Per Minggu
|
48
|
48
|
48
|
Alokasi waktu pelajaran/minggu dapat ditingkatkan pada mata pelajaran yang butuh penekanan.
Ekstrakurikuler:
2. Pramuka
3. PMR
4. Arabic Club
5. English Club
6. Islamic Art Club (Drum band, Nasyid, Kasidah Modern, Tari)
7. Pencak Silat
8. Futsal,
9. Paskibra, dll
Kurikulum Pondok
- Kurikulum Al-Quran: Tahsin, Tahfizul Quran, dan Tafhimul Quran.
- Tahsin adalah program pertama yang dijalankan para santri. Tahsin Quran diartikan sebagai penyempurnaan hal-hal yang berkaitan dengan kesempurnaan lafaz pengucapan huruf-huruf Al Quran dan penyempurnaan dalam pengucapan hukum hubungan di antara huruf dengan huruf yang lain seperti ikhfa, idzhar, idgham, dan yang lainnya. Santri tidak diizinkan untuk mengikuti tahfizh sebelum dinyatakan lulus pada tes tahsin.
- Tahfizh adalah program regular yang dilaksanakan 4 kali dalam satu hari, yaitu setelah sholat subuh, dzuhur, ashar, dan magrib.
- Tafhim adalah program tahfizh yang dilanjutkan dengan terjemahan Al Quran dengan tujuan memberikan pemahaman dan peningkatan penghayatan hafalan Al Quran yang telah disetorkan santri.
- Kurikulum Tarbiyah yang menumbuhkembangkan potensi keislaman santri secara seimbang dan menyeluruh, meliputi Nahwu, Shorof, Mutholaah, Mahfudzot, Hadists, Balaghoh, Mustholahul Hadist, Fiqih, Tafsir, Tarikh Islam, dan keterampilan lainnya.
- Muhadharah (Retorika dan diskusi), bertujuan untuk melatih kemampuan retorika dan da’wah santri.
- Pembinaan Ibadah dan Kultum,
- Pembinaan Iman dan Khatib
- Pembinaan Keterampilan kewirausahaan
- Pelatihan Leadership
AKTIVITAS HARIAN
No
|
Pukul (WIB)
|
Aktivitas
|
1
|
04.20 - 04.40
|
Persiapan Sholat Subuh Berjamaah
|
2
|
04.50 – 05.10
|
Sholat Subuh
|
3
|
05.15 – 06.15
|
Program Tahfizh Al-Quran (Setoran Hafalan)
|
4
|
06.15 – 06.55
|
MCK/Persiapan sekolah dan Sarapan pagi
|
5
|
07.00 – 12.00
|
PBM Formal
|
6
|
12.00 – 12.30
|
Persiapan dan sholat Dzuhur
|
7
|
12.30 – 13.00
|
Program Tahfizh Al-Quran (Persiapan Morojaah Sore)
|
8
|
13.00 – 13.30
|
Makan Siang
|
9
|
13.30 – 14.20
|
Lanjut PBM formal
|
10
|
14.20 – 15.15
|
Istirahat Siang
|
11
|
15.15 – 15.50
|
Persiapan dan Sholat Ashar Berjamaah
|
12
|
15.50 – 16.40
|
Program Tahfizh Al-Quran (Setoran Hafalan)
|
13
|
16.40 – 18.00
|
Olahraga, Ekstrakurikuler, Persiapan OSN/FLS2N
|
14
|
18.00 – 18.20
|
MCK dan Persiapan Sholat Maghrib
|
15
|
18.20 – 18.35
|
Sholat Magrib
|
16
|
18.35 – 19.00
|
Program Tahfizh Al-Quran (Tafhim-Murojaah)
|
17
|
19.00 – 19.20
|
Makan Malam
|
18
|
19.20 – 19.40
|
Sholat Isha
|
19
|
19.40 – 20.40
|
Kurikulum Tarbiyah
|
20
|
20.40 – 21.00
|
Perispan Istrahat Malam
|
0 komentar:
Posting Komentar
“Silahkan jika anda ingin komentar, bertanya, berikan saran, tapi mohon dengan bahasa yang sopan”